Riset Pemasaran atau Marketing Research
adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara
sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data,
pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian. Riset Pemasaran dapat
bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi
masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset
pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut
peluang pasar.
Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi
yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada.
Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset
pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran,
konsumen, dan lingkungan.
Klasifikasi Riset
Pemasaran bisa digolongkan menjadi riset untuk identifikasi masalah dan riset
untuk pemecahan masalah. Riset untuk identifikasi masalah : Riset yang diadakan
untuk mengidentifikasi masalah. Masalah ini tidak harus ada saat ini, tetapi
kemungkinan besar akan muncul di masa yang akan datang. Riset untuk pemecahan
masalah : Riset yang diadakan untuk menolong memecahkan masalah yang lebih spesifik
di dalam pemasaran.
Blognya luar biasa... Salam satu jempol dari Sumbawa... (y)
BalasHapus