Pemasaran adalah salah satu
kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi.
Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting
dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi.
Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi
atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang
satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan
para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan
pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan
kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau
jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi
kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan
keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran. Definisi yang paling sesuai
dengan tujuan tersebut adalah :
Pemasaran adalah suatu proses social
dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan
prosuk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler,
1997).
Definisi pemasaran ini bersandar
pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants),
dan permintaan (demands).
Manusia harus menemukan kebutuhannya
terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan
tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian
pemasaran bia juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan
penjual (Swasta, 1996).
Sumber:
http://www.google.com/url?q=http://fitrian.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/13728/Pengertian%2BPemasaran.doc&sa=U&ei=X0tKUa-kH8LwrQeR5IHoDA&ved=0CCsQFjAD&sig2=JHwf6vXmKa6w7BFjWGANSA&usg=AFQjCNFJDqfEsjcpiHo_EBWFPA2SUgVTgQ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar